Ir Zahir MAP dan AKBP Ikhwan Lubis SH MH Salurkan Bantuan untuk Nelayan

nelayan tradisional Batubara

topmetro.news – Di tengah pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan dan entah sampai kapan berakhirnya, Bupati Batubara Ir H Zahir MAP bersama Kapolres AKBP Ikhwan Lubis SH MH masih tetap eksis salurkan bantuan sembako kepada masyarakat. Kali ini para nelayan tradisional Batubara yang pemukimannya sulit dijangkau dari daratan pun ikut mendapatkan bantuan.

Tak tanggung-tanggung, Ir H Zahir MAP yang juga politisi PDIP itu bersama AKBP Ikhwan Lubis SH MH, sampai menaiki kapal TNI AL dipimpin Komandan Pos AL Tanjung Tiram Lettu (L) Dody Kurniawan, untuk menelusuri pemukiman nelayan, Jumat (15/5/2020).

Bersama mereka ikut Ketua Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Rizal Syahreza SE. Tampak juga Wakapolres Abdul Muthalib, Ketua KSJ Kartini Lisa Andriyani ST, Kabid Sosial Dinas Sosial Batubara Melina Sihombing. Untuk bertugas meninjau dan mengecek apakah bantuan sosial telah sampai ke masyarakat membutuhkan.

Tidak hanya ke rumah para nelayan. Kedua pejabat teras daerah di institusinya masing-masing itu pun rela mendatangi satu per satu nelayan yang tengah mencari nafkah dan sedang istirahat. Semata hanya demi menyerahkan bantuan sembako akibat dampak gangguan sosial dan ekonomi karena Covid-19.

Bupati Zahir menjelaskan bahwa pihaknya bersama Kapolres terjun ke lingkungan masyarakat nelayan tradisional di Tanjung Tiram untuk mengetahui lebih dekat kondisi sosial ekonomi rakyat. Terutama akibat terdampak penyebaran Covid-19 yang tak kunjung berkesudahan.

“Saya bersama Kapolres AKBP Ikhwan Lubis SH MH dan sejumlah personil KSJ dan Dinas Sosial sengaja menyusuri perumahan nelayan tradisional di jajaran Kabupaten Batubara. Dengan menggunakan kapal TNI AL yang dipimpin Lettu (L ) Dody Kurniawan. Sekaligus untuk membuktikan apakah masyarakat yang berhak menerima sembako memang telah menerimanya,” tegas Ketua DPC PDIP Batubara itu.

Apresiasi untuk Bupati dan Kapolres

Terpisah Ketua PWI Batubara Alpian SSos MHi merasa salut dan menaruh rasa hormat. Serta mengapresiasi yang sebesar-besarnya atas segenap perhatian Bupati Batubara Ir H Zahir MAP dan AKBP Ikhwan Lubis SH MH yang cukup tinggi terhadap nelayan tradisional Batubara.

Menurut Alpian, apa yang diperbuat kedua pembesar kabupaten itu, tentunya tidak terlepas dari rasa tanggung jawab dari seorang pemimpin. Terutama untuk melihat secara lebih dekat kondisi masyarakat di pinggiran pantai ketika kasus Covid-19 terus berkepanjangan.

“Semoga tindakan bijak bupati kita Zahir dan kebaikan hati Kapolres AKBP Ikhwan Lubis, yang sudah begitu rela untuk turun langsung menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat nelayan tradisional mampu menghadirkan kebahagiaan bagi penerimanya. Alhamdulillah Bupati Zahir sendiri telah mengeluarkan Surat Edaran No. 460/2952 tentang larangan kesalahan memberi bantuan sembako bagi kepala desa, perangkatnya dan ASN. Yang dikategori mampu menghadapi dampak sosial ekonomi masa Pandemi Covid-19 ini,” ujar dosen STIT Batubara ini.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment